for learn successfull and Healthy Live

Guru Heroik di Tanah Pedalaman

Mei L Heumasse mendedikasikan dirinya untuk pemerataan pendidikan anak usia dini di Timur Indonesia. Mei termotivasi dari orangtuanya dan kehidupannya sebagai anak nelayan.

Melawan Keraguan dengan Keberanian

Penuh Semangat dan Gagasan Imam Robandi. Prof. Imam Robandi menjadi mentor yang menghidupkan kembali semangat Pak Said di saat ia merasa terpuruk. Melalui nasihat, dukungan, dan teladan dari sang guru besar, Pak Said menemukan kembali keyakinannya.

10 Adab Berbicara: Rasulullah ï·º

1. Adab berbicara: Jangan terlalu berceloteh 2. Adab berbicara: Berbicara dengan Hati-hati 3. Adab berbicara: Berkata yang baik, jika tidak hendaknya diam 4. Adab berbicara: Tidak mencela 5. Adab berbicara: Menghindari dusta 6. Adab berbicara: Menghindari ghibah dan panggilan yang buruk 7. Adab berbicara: Tidak memotong maupun memonopoli pembicaraan 8. Adab berbicara: Menjauhi debat kusir Menjauhi debat kusir 9. Adab berbicara: Merasa kagum pada diri sendiri 10. Adab berbicara: Menjaga suara

Upacara HUT RI Ke-80 dan 2 Bocah Gowa Pengais Sisa Makanan

Ayah Syamsul, Dorra Daeng Ngempo (52), hanya seorang pedagang sayur kelor di pasar tradisional, sedangkan ibu Aidil, Sumiati (39), mengandalkan penghasilan serabutan untuk menyambung hidup. "Memang dia ke sana mau nonton upacara. Daripada mubazir itu kue, jadi dia bawa pulang untuk dimakan," kata Sumiati tentang anaknya.

Gaya Hidup dan Beban Negara

Guru dan Pejabat. kedua jabatan ini kerap menjadi guyonan atau bahan kritikan di media sosial.

Kamis, 18 Juli 2019

Trik Membuat Video Youtube Auto Play Berputar Otomatis Pada Blogger



Trik Membuat Video Youtube Auto Play Berputar Otomatis Pada Blogger – Teknik membuat video youtube berputar secara otomatis pada saat di embed pada situs web sudah banyak di terapkan oleh hampir semua blogger di nusantara Indonesia dan dunia. Hal ini terbukti sangat efektif untuk mendongkrak view video padachannel Youtube yang mereka miliki.

Hal ini sangat bagus untuk di terapkan apalagi jika saluran youtube yang kalian kelola sudah terhubung sebagai penayang Adsense tentunya hal ini tepat untuk di gunakan, sebab setiap kali ada orang yang membuka website Anda atau artikel yang telah sobat buat maka secara otomatis video yang kalian embed dalam website atau artikel tersebut akan langsung main atau berputar otomatis tanpa perlu di klik oleh pengunjung.

Coba bayangkan jika setiap harinya blog kalian mendapatkan puluhan ribu pengunjung, maka secara otomatis view video youtube kalian juga akan bertambah sejumlah pengunjung blog yang sobat dapatkan. Ini artinya uang yang bakal Anda dapatkan akan bertambah dua kali lipat.

Bagaimana apakah sobat tertarik untuk menggunakan teknik memasang Video Youtube Auto Play Pada Blogger ini ? Jika ia silakan ikuti langkah-langkah membuat Video Youtube Berputar Otomatis yang telah Admin tulis di bawah ini.

Tips & Trik Membuat Video Youtube Auto Play Pada Blogger Blogspot


Cara pertama # Membuat Video Youtube Berputar Otomatis Pada Blogger/Blospot


Silakan kalian ambil kode embed video youtube yang ingin di sematkan dalam artikel dan di buat berputar secara otomatis, saat ada pengunjung yang membacanya.

Contoh kode embed youtube asli, belum di modifikasi
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/Sw_SQlwTdT8" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>

Tambahkan kode di bawah ini pada script embed youtube yang sudah teman-teman copy tadi.
    ?rel=0&amp;autoplay=1

Sehingga kode embed youtubenya menjadi seperti berikut
<iframe width=”560″ height=”315″ src=” https://www.youtube.com/embed/Sw_SQlwTdT8?rel=0&amp;autoplay=1” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Kemudian silakan kawan-kawan buka halaman posting yang ingin di tambahkan video youtube auto play, kalian bisa buat posting blog baru atau mengedit artikel lama.

Buka mode penulisan HTML, pastekan atau tempel kode embed youtube yang sudah di modifikasi tadi pada posisi yang kalian inginkan, klik preview. Jika sudah sesuai dengan harapan, klik publikasikan.
Share:

SILABUS


SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah
:
SMK KH GHALIB PRINGSEWU
Bidang Keahlian
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian
:
Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran
:
Teknologi Layanan Jaringan
Durasi (Waktu)
:
488 JP
Kelas/Semester
:
XI (Sebelas) dan XII (Duabelas)/I (Satu) dan II (Dua)
KI-3 (Pengetahuan)
:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI-4 (Keterampilan)
:
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
1
2
3
4
5
3.1   Memahami ragam aplikasi komunikasi data
4.1  Menyajikan karakteristik ragam aplikasi komunikasi data
3.1.1     Menjelaskan berbagai jenis aplikasi komunikasi data
3.1.2     Menjelaskan karakteristik aplikasi komunikasi data
4.1.1     Mempresentasikan ragam aplikasi komunikasi data
·    Definisi komunikasi data
·   Komunikasi audio
·   Komunikasi video
·   Komunikasi audio video

16
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang ragam aplikasi komunikasi data
·      Mengumpulkan data tentanragam aplikasi komunikasi data
·      Mengolah data tentang ragam aplikasi komunikasi data
·      Mengomunikasikan   tentang ragam aplikasi komunikasi data


UNTUK LEBIH LENGKAP SILAHKAN DOWNLOAD
Share:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Sekolah
:
SMK KH. GHALIB PRINGSEWU
Mata Pelajaran           
:
Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal 
(Local Area Network)
Kompetensi Keahlian

Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun Pelajaran
:
2017/2018
Alokasi Waktu
:
32 x 45 menit

           
A.      KOMPETENSI DASAR
·         Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN

B.     Indikator
·      Segmen-segmen sistem yang diusulkan diidentifikasi berdasarkan kebutuhan bisnis.
·      Persyaratan segmen ditentukan menggunakan analisis fungsional LAN.
·      Kandungan dan volume lalu lintas diperkirakan sesuai kebutuhan organisasi.
·      Kebutuhan sumber daya pada masing-masing segmen LAN ditentukan.
·      Fitur-fitur lingkungan fisik dipertimbangkan sebagai dampak dari disain LAN.
·      Pilihan  topologi dipertimbangkan dengan mengacu pada sumber daya yang tersedia dan matriks fungsional LAN.
·      Harga pilihan topologi dihitung.
·      Topologi LAN yang cocok dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis dan analisis fungsional.
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
a)        Sikap
§   Memilih peralatan/komponen jaringan secara teliti
§   Menerapkan sikap disiplin dalam mengikuti prosedur instalasi perangkat LAN
§   Mengikuti prosedur dalam memasang perangkat jaringan
§   Melaksanakan pengukuran LAN dengan sabar dan teliti
b)        Pengetahuan
§   Menjelaskan pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, Bandwidth
§   Mengidentifikasi jenis topologi jaringan (berdasarkan fisik dan logical)
§   Menguraikan jenis-jenis protocol jaringan
§   Menjelaskan konsep dasar ISO-OSI 7 layer dan TCP/IP 4 layer
§   Menguraikan konsep dasar dan pengalamatan IP
§   Menjelaskan konsep dasar pengkebelan LAN


c)         Keterampilan
§   Merencakan dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
§   Memasang perangkat LAN
§   Memasang jaringan peer to peer
§   Memasang network card dan instalasi driver
§   Menguji konektifitas LAN

D.      Materi ajar
§   Konsep jaringan komputer : protokol jaringan, arsitektur jaringan, dsb.
§   Jenis dan fungsi perangkat LAN dan perluasannya
§   organisasi dan bisnis organisasi

E.       METODE PEMBELAJARAN
§   Teori
§   Demonstrasi
§   Tanya jawab / diskusi
§   Praktek dan tugas kelompok

F.       Langkah – langkah Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal :
§   Salam, berdoa, baca Al-Qur’an, absensi
§   Guru memotivasi siswa
§   Guru menjelaskan ruang lingkup materi yang akan dipelajari

b.         Kegiatan Inti :
v  Eksplorasi
Menggali pemahaman siswa tentang persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN
v  Elaborasi
§   Menjelaskan pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, Bandwidth, Data dan Paket
§   Memahami fungsi peralatan/ komponen jaringan 
§   Memahami syarat setiap segmen jaringan berdasarkan analisis fungsional.
§   Mengidentifikasi  jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan fisik dan berdasarkan logical)
§   Menguraikan spesifikasi teknis masing-masing segmen meliputi kapasitas, volume, kebutuhan sumber daya dan fitur tambahan.
§   Merencanakan dan memilih perangkat sesuai serta memilih vendor dan menentukan harga perangkat
§   Merencanakan topologi dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
v  Konfirmasi
Siswa dapat memasang perangkat LAN dan menguji koneksi LAN

c.         Kegiatan Akhir :
§   Peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan
§   Peserta didik diberikan tugas / ulangan harian untuk dikumpulkan

G.      Sumber belajar
§   Buku Manual Jaringan Komputer
§   Modul
§   Internet
§   Perangkat Jaringan Komputer

H.      Metode Penilaian
§   Bentuk tulisan atau desain tentang LAN yang akan di buat beserta dengan kebutuhan-kebutuhan alat dan bahan.
§   Tes tertulis
§   Merangkum materi dan modul
§   Laporan hasil praktikum
§   Tugas artikel dari internet yang dimuat dalam power point dan dipresentasikan
§   Keaktifan peserta didik dalam kelas

I.       UNJUK KERJA
1.      Buatlah kelompok dengan anggota maksimal 5 orang beri nama kelompok dengan nama istilah jaringan.
2.      Buatlah presentasi menggunakan powerpoint yang menjelaskan sejarah jaringan, tujuan, manfaat, dan penerapannya dalam kehidupan. Kemudian diskusikan hasilnya dan presentasikan di depan kelas!
3.      Lakukan pengamatan pada laboratorium jaringan di sekolah, gambar menggunakan kertas folio. Kemudian buatlah daftar spesifikasi masing-masing hardware (minimal 3).





PENILAIAN UNJUK KERJA
Nis                            :
Nama                        :
Kelas                        :
Sub Kompetensi       : Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN
No
Indikator keberhasilan
Penilaian
Ya
Tidak
7
8
9
1.       
Mengerti sejarah perkembangan jaringan




2.       
Memahami prinsip kerja jaringan




3.       
Memahami tujuan dan manfaat dalam kehidupan




4.       
Mengetahui penerapan jaringan dalam teknologi




5.       
Mampu merancang skema jaringan dengan bentuk topologi yang telah ditentukan




6.       
Mampu menganalisis bentuk jaringan lab




7.       
Memahami perbedaan LAN, MAN, dan WAN




8.       
Mampu menguraikan materi dengan baik





Catatan:
-        Skor maksimum = 72
-        Kriteria penilaian : 7 = cukup, 8 = baik, 9 = amat baik
-        Nilai maksimum =


PENILAIAN PADA SIKAP
Nis                            :
Nama                        :
Kelas                        :
Sub Kompetensi       : Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN

No
Aspek non instruksional sikap (Atitude)
Skor perolehan
Believe (B) (penilaian diri)
Evaluation (E) (penilaian guru)
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.       
Kerja sama










2.       
Kedisiplinan










3.       
Kejujuran










4.       
Mengakses dan mengorganisasi informasi










5.       
Tanggung jawab










6.       
Memecahkan masalah










7.       
Kemandirian










8.       
Ketekunan










Skor prolehan


Skor maksimum
40
40


Catatan:
-        Beri tanda centang dengan kriteria : 1 = kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup, 4=baik, 5 =amat baik
-        Nilai tertinggi 9
-        Sikap siswa dinyatakan baik dan positif apabila memperoleh nilai >7
-        Penilaian:
Nilai sikap siswa

Mengetahui,
Kepala SMK KH. Ghalib Pringsewu




Drs. Hi. Wasiman     
Pringsewu, 14 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran




Utom Saputra, S.Kom.

SELENGKAPNYA..............DOWNLOAD
Share: