RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMK KH. GHALIB PRINGSEWU
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Melakukan
Instalasi Perangkat Jaringan Lokal
(Local Area Network) |
Kompetensi
Keahlian
|
Teknik Komputer dan Jaringan
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2017/2018
|
Alokasi Waktu
|
:
|
32 x 45 menit
|
A. KOMPETENSI DASAR
·
Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat
LAN
B. Indikator
· Segmen-segmen sistem yang
diusulkan diidentifikasi berdasarkan kebutuhan bisnis.
· Persyaratan segmen ditentukan menggunakan
analisis fungsional LAN.
· Kandungan dan volume lalu lintas
diperkirakan sesuai kebutuhan organisasi.
· Kebutuhan sumber daya pada
masing-masing segmen LAN ditentukan.
· Fitur-fitur lingkungan fisik
dipertimbangkan sebagai dampak dari disain LAN.
· Pilihan topologi dipertimbangkan dengan mengacu pada
sumber daya yang tersedia dan matriks fungsional LAN.
· Harga pilihan topologi dihitung.
·
Topologi LAN yang cocok dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis dan
analisis fungsional.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
a)
Sikap
§ Memilih peralatan/komponen jaringan secara
teliti
§ Menerapkan sikap disiplin dalam mengikuti
prosedur instalasi perangkat LAN
§ Mengikuti prosedur dalam memasang
perangkat jaringan
§ Melaksanakan pengukuran LAN dengan sabar
dan teliti
b)
Pengetahuan
§ Menjelaskan pengertian LAN, WAN, MAN,
Internet, Bandwidth
§ Mengidentifikasi jenis topologi jaringan
(berdasarkan fisik dan logical)
§ Menguraikan jenis-jenis protocol jaringan
§ Menjelaskan konsep dasar ISO-OSI 7 layer
dan TCP/IP 4 layer
§ Menguraikan konsep dasar dan pengalamatan
IP
§ Menjelaskan konsep
dasar pengkebelan LAN
c)
Keterampilan
§ Merencakan dan memilih perangkat jaringan
sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
§ Memasang perangkat LAN
§ Memasang jaringan peer to peer
§ Memasang network
card dan instalasi driver
§
Menguji konektifitas LAN
D.
Materi ajar
§ Konsep jaringan komputer :
protokol jaringan, arsitektur jaringan, dsb.
§ Jenis dan fungsi perangkat LAN
dan perluasannya
§ organisasi dan bisnis organisasi
E. METODE PEMBELAJARAN
§ Teori
§ Demonstrasi
§ Tanya jawab / diskusi
§ Praktek dan tugas kelompok
F.
Langkah – langkah Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal :
§ Salam, berdoa, baca Al-Qur’an, absensi
§ Guru memotivasi siswa
§
Guru menjelaskan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari
b.
Kegiatan Inti :
v Eksplorasi
Menggali
pemahaman siswa tentang persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN
v Elaborasi
§ Menjelaskan pengertian LAN, WAN,
MAN, Internet, Bandwidth, Data dan Paket
§ Memahami fungsi peralatan/
komponen jaringan
§ Memahami syarat setiap segmen
jaringan berdasarkan analisis fungsional.
§ Mengidentifikasi jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan
fisik dan berdasarkan logical)
§ Menguraikan spesifikasi teknis
masing-masing segmen meliputi kapasitas, volume, kebutuhan sumber daya dan
fitur tambahan.
§ Merencanakan dan memilih
perangkat sesuai serta memilih vendor dan menentukan harga perangkat
§ Merencanakan topologi dan memilih
perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
v Konfirmasi
Siswa dapat
memasang perangkat LAN dan menguji koneksi LAN
c.
Kegiatan Akhir :
§ Peserta didik diberikan tugas
untuk dikumpulkan
§ Peserta didik diberikan tugas /
ulangan harian untuk dikumpulkan
G.
Sumber belajar
§ Buku Manual Jaringan Komputer
§ Modul
§ Internet
§ Perangkat Jaringan Komputer
H.
Metode Penilaian
§
Bentuk tulisan atau desain tentang LAN yang akan di buat
beserta dengan kebutuhan-kebutuhan alat dan bahan.
§
Tes tertulis
§
Merangkum materi dan modul
§
Laporan hasil praktikum
§
Tugas artikel dari internet yang dimuat dalam power
point dan dipresentasikan
§
Keaktifan peserta didik dalam kelas
I. UNJUK
KERJA
1.
Buatlah
kelompok dengan anggota maksimal 5 orang beri nama kelompok dengan nama istilah
jaringan.
2.
Buatlah
presentasi menggunakan powerpoint yang menjelaskan sejarah jaringan, tujuan,
manfaat, dan penerapannya dalam kehidupan. Kemudian diskusikan hasilnya dan
presentasikan di depan kelas!
3.
Lakukan
pengamatan pada laboratorium jaringan di sekolah, gambar menggunakan kertas
folio. Kemudian buatlah daftar spesifikasi masing-masing hardware (minimal 3).
PENILAIAN
UNJUK KERJA
Nis :
Nama :
Kelas :
Sub Kompetensi :
Menentukan persyaratan
pengguna dan pengenalan perangkat LAN
No
|
Indikator keberhasilan
|
Penilaian
|
|||
Ya
|
Tidak
|
||||
7
|
8
|
9
|
|||
1.
|
Mengerti sejarah perkembangan jaringan
|
||||
2.
|
Memahami prinsip kerja jaringan
|
||||
3.
|
Memahami tujuan dan manfaat dalam kehidupan
|
||||
4.
|
Mengetahui penerapan jaringan dalam teknologi
|
||||
5.
|
Mampu merancang skema jaringan dengan bentuk topologi yang telah
ditentukan
|
||||
6.
|
Mampu menganalisis bentuk jaringan lab
|
||||
7.
|
Memahami perbedaan LAN, MAN, dan WAN
|
||||
8.
|
Mampu menguraikan materi dengan baik
|
Catatan:
-
Skor maksimum = 72
-
Kriteria penilaian : 7 = cukup, 8 = baik, 9 = amat baik
-
Nilai maksimum =
PENILAIAN PADA SIKAP
Nis :
Nama :
Kelas :
Sub Kompetensi :
Menentukan persyaratan
pengguna dan pengenalan perangkat LAN
No
|
Aspek non
instruksional sikap (Atitude)
|
Skor perolehan
|
|||||||||
Believe (B) (penilaian
diri)
|
Evaluation (E)
(penilaian guru)
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kerja sama
|
||||||||||
2.
|
Kedisiplinan
|
||||||||||
3.
|
Kejujuran
|
||||||||||
4.
|
Mengakses dan mengorganisasi informasi
|
||||||||||
5.
|
Tanggung jawab
|
||||||||||
6.
|
Memecahkan masalah
|
||||||||||
7.
|
Kemandirian
|
||||||||||
8.
|
Ketekunan
|
||||||||||
Skor prolehan
|
|||||||||||
Skor maksimum
|
40
|
40
|
Catatan:
-
Beri tanda
centang dengan kriteria : 1 = kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup, 4=baik, 5 =amat
baik
-
Nilai
tertinggi 9
-
Sikap siswa
dinyatakan baik dan positif apabila memperoleh nilai >7
-
Penilaian:
Nilai sikap siswa
Mengetahui,
Kepala SMK KH. Ghalib Pringsewu
Drs. Hi. Wasiman
|
Pringsewu, 14 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Utom Saputra, S.Kom.
|
0 comments:
Posting Komentar